PERANG HARGA
Perang harga merupakan suatu persaingan dimana persaingan tersebut muncul diantara para pemasok yang bersaing sehingga terjadi pemotongan harga yang agresif. Perang harga ini digunakan sebagai strategi jangka panjang untuk mendapatkan pangsa pasar.
Ada beberapa hal yang memicu terjadinya "PERANG HARGA" :
1. Permintaan suatu produk berkurang dalam pasar
Ketika suatu produk tidak ada yang berminat membeli dalam arti produk tersebut permintaannya sangat sedikit, dan jumlah stok bisa dikatakan masih banyak, maka mau tidak mau produk tersebut harus diturunkan harganya. Kemungkinan yang terjadi adalah dikarenakan produk tersebut di nilai dengan harga jual yang tinggi jadi kurang ada yang berminat untuk membeli produk tersebut.
2. Adanya kelebihan kapasitas penawaran dalam pasar
Ketika suatu produk berada pada pasar yang sangat tinggi, maka para pesaing mulai menurunkan harga produk mereka jadi yang pada akhirnya menarik pembeli dan terjadi perang harga dikarenakan harga mereka bersaing dan produk tersebut dijual dengan harga yang bersaing.
3. Untuk menciptakan suatu popularitas
Biasanya produk dijual dengan harga yang murah untuk menarik perhatian para pembeli, produk tersebut dijual dengan harga yang murah dan tidak menyesuaikan produk yang lainnya jadi brand dari produk tersebut menjadi perhatian para
Contoh dari perang harga yang terjadi adalah penjualan smartphone android. Misalnya produsen brand Apple menjual produk flagship dengan harga yang bisa dikatakan mahal dengan kisaran belasan juta, kemudian masuk produsen dari china yaitu Xiaomi. Xiaomi menjual produk dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau, kenapa dikatakan terjangkau karena produk flagship Xiaomi sangatlah terjangkau dan tidak seperti smartphone flagship Apple. Nah pada saat smartphone Xiaomi banyak yang membeli maka smartphone flagship Apple harusnya bisa turun harga dan pasar mereka dapat bersaing.
Ada beberapa hal yang memicu terjadinya "PERANG HARGA" :
1. Permintaan suatu produk berkurang dalam pasar
Ketika suatu produk tidak ada yang berminat membeli dalam arti produk tersebut permintaannya sangat sedikit, dan jumlah stok bisa dikatakan masih banyak, maka mau tidak mau produk tersebut harus diturunkan harganya. Kemungkinan yang terjadi adalah dikarenakan produk tersebut di nilai dengan harga jual yang tinggi jadi kurang ada yang berminat untuk membeli produk tersebut.
2. Adanya kelebihan kapasitas penawaran dalam pasar
Ketika suatu produk berada pada pasar yang sangat tinggi, maka para pesaing mulai menurunkan harga produk mereka jadi yang pada akhirnya menarik pembeli dan terjadi perang harga dikarenakan harga mereka bersaing dan produk tersebut dijual dengan harga yang bersaing.
3. Untuk menciptakan suatu popularitas
Biasanya produk dijual dengan harga yang murah untuk menarik perhatian para pembeli, produk tersebut dijual dengan harga yang murah dan tidak menyesuaikan produk yang lainnya jadi brand dari produk tersebut menjadi perhatian para
Contoh dari perang harga yang terjadi adalah penjualan smartphone android. Misalnya produsen brand Apple menjual produk flagship dengan harga yang bisa dikatakan mahal dengan kisaran belasan juta, kemudian masuk produsen dari china yaitu Xiaomi. Xiaomi menjual produk dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau, kenapa dikatakan terjangkau karena produk flagship Xiaomi sangatlah terjangkau dan tidak seperti smartphone flagship Apple. Nah pada saat smartphone Xiaomi banyak yang membeli maka smartphone flagship Apple harusnya bisa turun harga dan pasar mereka dapat bersaing.


Komentar
Posting Komentar